Assalamualaikum Wr. Wb.

Segala Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas Perkenan dan segala limpahan Karunia-Nya Sekretariat Daerah Kabupaten Sampang menyajikan serangkaian informasi kepada publik melalui Teknologi Informasi website.

Peraturan Daerah Kabupaten Sampang Nomor 03 tahun 2020 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah (Lembaran Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 3 Tahun 2020) bahwa Sekretariat Daerah sebagai salah Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sampang. Dengan tujuan  Meningkatnya penyelenggraan pemerintahan yang akuntabel, efektif dan efisien dan Meningkatnya kualitas pelayanan publik. Sementara sasarannya adalah Meningkatnya akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah dan Meningkatnya kualitas pelayanan publik.

Sekretariat Daerah  didukung oleh 9 (sembilan) bagian yaitu Bagian Pemerintahan, Bagian Kesejahteraan Rakyat, Bagian Hukum. Perekonomian dan Sumber Daya Alam, Bagian Administrasi Pembangunan, Pengadaan Barang dan Jasa, Bagian umum, Bagian Organisasi dan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan dan hanya terdiri dari 1 (satu) sub bagian Protokol yang mendukung dalam kinerja di Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan.

Sebagai wujud transparansi informasi dalam menuju reformasi birokrasi, Sekretariat Daerah menyajikan berbagai layanan informasi baik terkait dengan kegiatan sehari-hari maupun layanan lain yang terkait dengan informasi pelayanan publik.

Sebagaimana fungsi pelayanan administratif dengan Organisasi Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sampang berkaitan dengan pelaksanaan, peraturan yang telah ditetapkan Pusat, dalam rangka peningkatan Pelayanan Publik Sekretariat Daerah selalu membuat agenda rutin berupa SAKIP, Monitoring dan Evaluasi Keberadaan Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sampang.

Sekretariat Daerah juga sebagai koordinator unit Pelayanan Publik dalam mengkuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik tingkat Provinsi, Tingkat Nasional Bahkan Internasional. Hal ini dimaksud Agar Masyarakat Terlayani Secara Maksimal.

Melakukan monitoring dan evaluasi dimasing-masing OPD/unit kerja untuk membenahi OPD/unit kerja dan juga memotivasi OPD/unit kerja untuk lebih meningkatkan mutu pelayanan, membuat atau menemukan inovasi-inovasi terkait pelayanan publik. Ada harapan “ one agency one innovation”.

Kami menyadari untuk menghasilkan inovasi bukan hal yang mudah, Tantangan terbesar untuk menghasilkan berbagai gagasan cemerlang adalah membebaskan diri Anda dari kebiasaan konvensional (as usually) yang dijalani selama ini. Perlunya melakukan observasi artinya Ide cemerlang tak akan datang dengan berdiam diri tanpa harus melatih otak dalam berpikir secara kreatif.

Pejabat pelayanan lebih banyak mengembangkan dengan pola pikir yang lebih modern. banyak bergaul,memanfaatkan jejaring sosial, Sering membaca buku menciptakan berbagai pikiran baru dan menstimulasi munculnya sejumlah inovasi. Rajin mengeksplorasi situs internet. Membuat catatan harian, Olahraga teratur, kreativitas lahir dari berbagai kegiatan terstruktur. Olahraga ringan dapat membantu kita untuk lebih berkonsentrasi. Dengan lebih fokus, kita bisa menghasilkan ide-ide cemerlang.

Kami menyadari keterbatasan informasi yang kami sajikan, namun dengan semangat “pelayanan prima“ kami bertekat untuk membenahi website kami. Ahli sosiolog kuno mengatakan kalau kita tidak berbuat lalu kapan lagi kita harus berkarya. Walau hanya sekedar informasi tapi jika dibutuhkan akan sangat bermakna. Oleh karenanya saran serta kritik yang konstruktif dari pembaca merupakan bagian dari pembenahan agar menjadi lebih baik dan berkualitas.

Akhirnya kami ucapkan selamat menikmati sajian informasi ini, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sekretaris Daerah

Yuliadi Setiyawan, S.Sos, MM